Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Ticker

6/recent/ticker-posts

PJ. Bupati Pasuruan Tinjau Kepedulian PT. Guntner, Normalisasi Sungai Untuk Cegah Banjir




Pasuruan, Pojok Kiri
Perusahaan besar PT. Guntner Indonesia berkolaborasi bersama Pemkab Pasuruan dalam upaya membantu normalisasi Sungai Anak werati yang ada di dusun Patuk, desa Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, kemarin Senin (22/10/2024), wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.Ini juga merupakan bagian dari realisasi program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR (corporate social responsibility).

"Ini upaya perusahaan kami membantu masyarakat karena sungai tersebut sangat dibutuhkan untuk aktivitas masyarakat. Dengan dinormalisasi, diharapkan fungsi sungai tersebut semakin optimal untuk menunjang kegiatan masyarakat," kata Humas perusahaan.


Kolaburasi PT. Guntner Indonesia, bersama Pemkab Pasuruan, dalam hal ini OPD terkait, yakni Dinas Pengairan, Cipta Karya TR, Dinas DLH, berkolaborasi melakukan normalisasi Sungai.

Pada kesempatan tersebut PJ. Bupati Pasuruan, Nurcholis, bersama anggota Komisi 3 DPRD turut meninjau langsung lokasi kegiatan kepedulian perusahaan PT. Guntner Indonesia yang hampir setiap tahun membersikan sungai

Ia mengatakan bahwa penanganan normalisasi memang tidak bisa dilaksanakan secara maksimal oleh pemerintah karena keterbatasan anggaran dan apa yang dilakukan PT. Guntner bisa menjadi contoh terhadap perusahaan-perusahaan yang lain.

"Bisa kita lihat tadi, luar biasa partisipasi dari PT. Guntner Indonesia yang tanggap dengan lingkungannya, bahkan hampir setiap tahun membersikan sungai yang ada di lingkungannya. Ini tentunya buat kami yang di pemkab merasa terbantu oleh pihak pihak perusahaan yang peduli terhadap lingkungannya. Oleh karena itu perlu di apresiasi, kemudian tidak hanya Guntner, perusahaan-perusahan yang lain juga akan mencontoh, atau meniru apa yang sudah dilakukan oleh PT. Guntner. Harapan kami semakin banyak semakin bagus, karena ini bentuk kolaburasi antara pemerintah dan swasta. "ungkapnya.

"Kami juga didampingi oleh komisi III, dan mereka perlu tau dan memang bener-bener tidak tau kalau masih ada perusahaan yang peduli dan ker terhadap permasalahan lingkungan, terutama ini mau musim hujan, maka sekarang saat yang tepat untuk membersihkan lingkungan sungai, "lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala dinas Lingkungan Hidup Tafiqul Ghony, "Data perusahaan yang ada di kabupaten Pasuruan, ada 1600, yang kontribusi hanya beberapa saja, dengan turunnya langsung Bapak PJ. Bupati ini menjadi semangat perusahaan - perusahaan yang lain untuk mengikuti apa yang di lakukan Oleh PT. Guntner, "harapnya.

Normalisasi dilakukan dengan pengerukan alur sungai tersebut menggunakan alat berat milik Dinas Pengairan serta 4 unit armada dump truck milik DLH untuk mengangkut ratusan ton sampah yang menyumbat aliran sungai.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan tiba. Pengerukan dilakukan sepanjang satu kilometer pada sungai dengan lebar 4 hingga 5 meter tersebut. Jika normalisasi selesai, diharapkan dapat mencegah banjir, terlebih saat musim hujan sehingga aktivitas masyarakat semakin lancar.

Dalam kegiatan tersebut, juga hadir Kepala Dinas Pengairan, Cipta Karya dan Tata Ruang, Heru Priyanto, Kepala DLH, Tafiqul Ghony, Kepala Bapelitbangda, Bhakti Jati Permana, serta unsur Muspika Kecamatan Gempol dan perwakilan dari manajemen perusahaan PT Gutner.(Syafi'i/yus)